Quote of the Week..

berani bicara, berani bertanggungjawab
-DeAd Ghen-Dhut-

22 Mei 2012

Pengalaman Mr. B

Met pagi semuaa...
Udah lama banget gak pernah nge-blog lagi. Walopun masih awam, gw seneng banget kalo bisa berbagi, baik itu berbagi info, tips, trik, makanan, keluh kesah, duit (*mikir2), dan yang pasti gw gak mw berbagi cewek.. wkwkwk...

Oke. Hari ini gw secara gak sengaja ketemu ma temen gw, drummer band gw, di salah satu warnet di deket daerah kampus gw. Udah lama gak ketemu sih, jadi begitu ketemu, kita ngobrol-ngobrol dikit, gak lama sih, kurang lebih 1 jam lah.. -.-"

Dari obrolan yang lumayan gak singkat itu, gw dapet pelajaran yang cukup penting bagi gw tentang bisnis. Secara, gw juga udah pernah menggeluti dunia bisnis (walopun gagal..), dan dia juga masih menggeluti dunia perbisnisan. Kita sebut aja temen gw ini Mr. B.

Nah, si Mr. B ini, nyeritain gimana susah senengnya di dunia bisnis ini. Dimulai dari awal senengnya kerja sama, ampe sekarang sedihnya kerja sendiri. Jadi, ceritanya kurang lebih gini, si Mr. B ini bareng temen-temennya, buka usaha warnet. Mereka dapet modal dari salah satu kegiatan yang diadain oleh salah satu instansi (gw lupa..), dan instansi ini selain melatih mereka yang ikut, mereka juga diberi modal awal, yang kabarnya modal awal itu dihibahkan kepada para "calon pengusaha muda" tersebut. Untuk proses detailnya, gw kurang begitu tau, tapi pada ahirnya, mereka dapetlah duit untuk usaha tersebut. Nah, si Mr. B ini bareng temen-temennya ahirnya sepakat buat buka usaha warnet, dan mereka udah rapat dan persiapin dengan mateng tu ide, ampe ahirnya berjalan. Setelah usaha berdiri, wajar dong kalo seneng! Nah disinilah saat masalah yang katanya "sering dateng disaat orang usaha" itu muncul. Temen-temen Mr. B ini, mau ngelebarin "sayap" usaha mereka. Mereka ngusulin untuk sekalian buka "HotSpot". Tapi, Mr. B ini justru lebih mau fokus ke majuin usaha warnetnya, dengan cara nambahin komputer yang awalnya cuman 4(empat) biji, secara bertahap. Yah, listriknya dulu dinaikin, baru tambah PC, baru tambah paket, dsb..

Disinilah uang mulai berbicara, dan orang-orang yang gak tahan ma godaan uang a.k.a duit gak bakal bisa bertahan. Beberapa orang temen Mr. B ini tetep ngotot untuk masang peralatan HotSpot. Walhasil, ahirnya dengan disepakati bersama, mereka pun memasang alat, gak terkecuali ma Mr. B. Denger dari cerita Mr. B, kesalahan yang dibuat disini adalah "sasaran usaha". Sasaran mereka adalah dosen-dosen yang sepertinya dipandangan mereka itu punya leptop dan slalu perlu tempat ngenet. Pendapat berbeda disampaikan Mr. B. Menurutnya, dosen-dosen itu orang sibuk, pasti mereka punya modem sendiri atau koneksi internet sendiri, jadi kemungkinan besar untuk ke tempat HotSpot itu kecil. Dan pada ahirnya, benerlah apa yang dibilang oleh Mr. B, rata-rata lebih sering yang pake HotSpot tu malah temen-temennya sendiri.

Seiring waktu berlalu, duit usaha mereka mulai menipis, yang hingga ahirnya Mr. B ngusulin buat disimpen ja tu duit. Selain duit yang semakin menipis, temen-temen Mr. B ini mulai pada ngilang satu persatu. Yah, meskipun tetep ada yang balik, tetep aja mereka yang seharusnya udah pada dapet jadwal jaga masing-masing, slalu ngijin. Pada ahirnya, tinggallah Mr. B ini sendiri yang slalu jaga melebihi jadwal jaga yang ditentuin. Mungkin dikarenakan hal inilah Mr. B memutuskan untuk keluar dari tim tersebut.

Selain permasalahan tadi, duit yang sisa sedikit itupun kembali membuat ulah. Entah kemana duit itu hilang, gaib, lenyap, tanpa ada jejaknya. Temen-temen Mr. B ini pun tak ada yang mau menjawab ataupun ngejelasin kemana larinya tu duit. Dan pada ahirnya, mantab lah langkah Mr. B untuk keluar dari tim, dan keputusan ini diikuti pula oleh beberapa orang temannya yang lain.

Sekarang Mr. B ini lagi mencoba peruntungan bisnisnya di sebuah warnet deket kampus gw. Sepertinya masih ada beragam ide untuk bisnis yang siap dia jalankan. Salut dah buat Mr. B.

O iya, kesimpulan yang gw dapetin dari cerita Mr. B ini, "kalo mau usaha, liat kedepannya gimana, prospeknya gimana, menguntungkan gak. Jangan terlalu terburu-buru ngejer bayang-bayang yang jauh didepan, tapi cobalah untuk tetap melihat keadaan sekitar selama kita berjalan."
wkwkwkwkw.. Kayaknya makin kebelakang, kesimpulannya makin ngaco...

Buat temen-temen blogger yang laen, moga-moga bisa ngambil pelajaran dari secuil pengalaman dari Mr. B ini. Ingat! Pengalaman adalah guru terbaik. Meskipun itu pengalaman orang lain.

Have Fun...
^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di komen..
^^